Final Task S1: BAB 4 (not finished yet)

BAB 4

PEMBAHASAN

4.1 Akun Penjualan dan Piutang yang Terdapat pada PT MC

Seperti yang sudah pernah Penulis jelaskan sekilas dalam BAB 1 Pendahuluan, dalam BAB 4 ini Penulis akan menjelaskan secara lebih rinci lagi mengenai akun penjualan yang terdapat di PT MC. Sudah dikatakan sebelumnya bahwa akun ini bisa terjadi karena adanya suatu transaksi. Sebagai permulaan Penulis akan menjelaskan tentang nature atau asal mula dari akun ini, transaksi seperti apa yang bisa diklasifikasikan dalam akun penjualan. Penjualan di PT MC meliputi segala jenis transaksi penjualan barang yang dilakukan oleh Perwakilan Usaha atau Distribution Centre pada Anggota atau Non-Anggota dari MLM MC. Pemindahan barang dari PT MC ke gudang DC belum bisa diklasifikasikan sebagai penjualan oleh MC karena barang yang diserahkan oleh PT MC pada DC sifatnya masih merupakan barang konsinyasi. Tugas Anggota (pihak yang berada di bawah DC) beserta anggota dibawahnya lagi yang disebut sebagai downliner selain untuk mempromosikan dan menjual barang yang ada di gudang DC-nya, juga merekrut orang baru untuk dijadikan anggota, yang bisa menjadi downliner-nya lagi. Untuk menjadi anggota baru dari MLM ini, maka orang baru tersebut harus membeli sejumlah paket tertentu yang berisi alat-alat promosi serta suplemen kesehatan yang merupakan produk utama dari PT MC, selain itu anggota juga harus membayar uang pendaftaran. Uang pendaftaran serta hasil penjualan alat-alat bantu promosi seperti buku catalog, nota penjualan sementara, brosur, dan lainnya tidak akan dimasukkan dalam akun penjualan, melainkan masuk ke dalam akun pendapatan lain-lain. Jadi sudah jelas sekarang, pendapatan yang diakui dan diklasifikasikan kedalam akun penjualan di PT MC hanyalah pendapatan yang didapat dari hasil menjual produk utama PT MC yaitu suplemen kesehatan ataupun produk perawatan kecantikan.

Untuk membantu Penulis menjelaskan secara lebih rinci mengenai alur transaksi hingga terjadinya akun penjualan ini, maka Penulis akan menggambarkan flowchart yang didapat dari SOP Penjualan PT MC. Untuk lebih memudahkan maka Penulis akan membagi alur transaksi hingga terjadinya penjualan ini kedalam beberapa bagian:

1. Transaksi Permintaan Pengiriman Barang

2. Transaksi pengiriman barang

3. Transaksi penjualan oleh anggota

4. Transaksi pelaporan penjualan yang terjadi tiap bulan

5. Transaksi penerimaan laporan penjualan dari DC

Hal yang perlu digarisbawahi lagi, dalam setiap terjadinya transaksi yang menimbulkan akun penjualan, maka secara otomatis akan timbul pula akun piutang dagang, jadi dalam pembahasan mengenai akun piutang dagang kelak penulis tidak akan menjelaskan alur transaksinya lagi karena sudah sangat terkait dengan transaksi dalam akun penjualan.

4.2.1 Akun Penjualan yang Terdapat pada PT MC

4.2.2 Akun Piutang yang Terdapat pada PT MC

4.3 Gambaran Umum Mengenai Audit Terhadap PT MC

4.3.1 Prosedur Audit Akun Penjualan

4.3.2 Prosedur Audit Piutang

4.4 Kesimpulan Auditor atas Kewajaran Akun Penjualan dan Piutang pada PT MC

0 Responses